Benarkah Mereka yang Meninggal Saat Bulan Ramadhan Akan Mengalami 4 Hal Ini?. Berikut Penjelasannya

Banyak yang percaya meninggal di bulan Ramadhan bisa khusnul khotimah hingga bebas dari siksa neraka!

Kita mungkin sering mendengar kalau ada orang yang meninggal di bulan Ramadhan atau meninggal tepat di hari Jumat akan mendapat kebaikan atau setidak nya jika hidupnya baik pasti masuk surga.

Seperti meninggalnya artis kondang Yulia Rachmawati alias Julia Perez atau yang biasa dipanggil Jupe yang tepat di bulan Ramadhan tahun ini, banyak yang percaya kalau arwah Jupe sekarang sudah berada ditempat yang paling indah (surga).

Berikut 4 mitos yang akan diterima umat muslim jika meninggal bertepatan pada bulan Ramadhan.

1. Akan Khusnul Khotimah


Selain melakukan kebaikan agar mendapat pahala, mati dengan predikat khusnul khotimah juga menjadi impian semua umat muslim. Khusnul kothimah sendiri dapat diartikan meninggal dengan keadaan baik.

Orang yang meninggal di bulan Ramadhan, di bulan penuh berkah dipercaya akan lebih mudah masuk surga soalnya khusnul khotimah langsung di dapatkan.

Tapi jika ada orang meninggal di bulan ramadhan karena melakukan keburukan otomatis tidak dapat khusnul khotimah.

2. Dipercaya langsung masuk surga


Meski benar dan tidaknya masih dipertanyakan, tapi selain mendapat khusnul khotimah, meninggal di bulan Ramadhan juga dipercaya pasti akan langsung masuk
surga.

Hal ini didasari dari sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

Rasul bersabda

Apabila bulan Ramadan datang, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta dibelenggulah setan-setan.”
Hadis ini sahih, tapi apakah berkorelasi dengan kematian?

Meski berkata demikian, tapi tidak semuanya orang-orang yang meninggal di bulan Ramadhan langsung mendapat surga, tapi hadist ini menjadi bukti jika bulan Ramadhan itu sangat istimewa.

3. Meninggal di bulan Ramadhan juga dipercaya bebas dari siksa kubur


Selain predikat khusnul khotimah dan juga jaminan surga, tak sedikit yang percaya kalau mati di bulan penuh berkah ini akan dibebaskan dari siksa kubur.

Apakah memang seperti itu?

Mungkin terlihat masuk akal ya, mengingat bulan Ramadhan memang sangat istimewa meski tidak ada dalil yang menyatakan demikian.

4. Mati di bulan Ramadhan bisa menghindarkan dari neraka


Terakhir, meninggal tepat di bulan Ramadhan juga dipercaya menghindarkan dari api neraka, kepercayaan ini sesuai dengan hadist yang pada point sebelumnya mengatakan kalau pintu neraka ditutup.

Jika membaca 4 poin tadi bisa dipastikan kalau setiap umat muslim yang sering berbuat amal saleh akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan perbuatannnya.

Bagaimana menurut kalian semua?
Banner iklan disini